18 Oktober 2017
Legislator Ingatkan Sarjana Pertanian adalah `Agent of Change`Pembangunan
Home Utility Arsip Berita Headline News Legislator Ingatkan Sarjana Pertanian adalah `Agent of Change`Pembangunan
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • default color
  • green color
  • blue color

Legislator Ingatkan Sarjana Pertanian adalah `Agent of Change`Pembangunan

Legislator Ingatkan Sarjana Pertanian adalah `Agent of Change`Pembangunan. Indonesia`s Bachelor of Agriculture is the Agent of Change National Development. Bandung, Jawa Barat (B2B) - Sarjana pertanian pada umumnya dan wisudawan Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Medan, Provinsi Sumatera Utara diharapkan dapat berperan sebagai agent of change untuk melahirkan petani yang tangguh dan agripreneur baru untuk mewujudkan kedaulatan dan kemandirian pangan, dan memberikan pendampingan pada petani tentang prinsip-prinsip tata cara pertanian yang baik.

"Sarjana pertanian juga menjadi penentu peningkatan mutu pascapanen, fasilitasi pemasaran, melakukan pendampingan kelompok-kelompok pengolah dan pemasaran dalam menghasilkan produk pertanian dan hasil olahannya," kata Wakil Ketua Komisi IV Herman Khaeron, Jumat (18/8) kepada 50 Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Medan, Provinsi Sumatera Utara.

Politisi senior Partai Demokrat ini menambahkan peranan sarjana pertanian untuk mendukung peningkatan upaya pemberdayaan generasi muda petani dan produktif, terdidik dan berkeahlian, berjiwa kepemimpinan, semangat berwirausaha dan memiliki keterampilan agribisnis yang baik.

"Perlu upaya serius dan peran negara dalam menata dan membuat roadmap dengan melibatkan sarjana pertanian dalam menciptakan agripreneur baru dan regenerasi SDM petani," kata Herman Khaeron pada kegiatan wisuda yang dihadiri Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan mewakili Mentan Andi Amran Sulaiman.

Herman Khaeron dalam orasi ilmiah tentang 'peran sarjana pertanian pada kemandirian pangan' di STPP Medan juga menyoroti tentang peningkatan minat dan semangat kewirausahaan petani oleh sarjana pertanian. Didukung pemberian jaminan sarana dan prasarana yang memadai, dan menyediakan sarana produksi yang berkualitas.

"Langkah itu harus didukung peningkatan ruang pelatihan bagi petani untuk memperbaiki tata kelola pertanian, peningkatan ekonomi pertanian yang ekonomis, dan meningkatkan peran negara sebagai fasilitator dan regulator," kata politisi bergelar doktor dari Universitas Padjadjaran Bandung (Unpad). (Source : http://www.berita2bahasa.com/berita/08/2052208-legislator-ingatkan-sarjana-pertanian-adalah-agent-of-change-pembangunan)

 

Add comment


Security code
Refresh