24 Agustus 2017
Kegiatan Mabidama STPP Medan Tahun 2016
Home Utility Arsip Berita Headline News Kegiatan Mabidama STPP Medan Tahun 2016
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • default color
  • green color
  • blue color

Kegiatan Mabidama STPP Medan Tahun 2016

PEMBINAAN KEDISIPLINAN GENERASI MUDA PERTANIAN

KERJA SAMA ANTARA STPP MEDAN DAN KODAM I BUKIT BARISAN

DALAM PROGRAM MABIDAMA T.A 2016/2017

Sebagai bentuk wujud kesepakatan antara seluruh Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian di Indonesia sebagai sekolah kedinasan dibawah Kementerian Pertanian dalam hal tata aturan kedisiplinan bagi mahasiswa baru STPP, STPP Medan telah selesai melaksanakan kegiatan MABIDAMA (Masa Bimbingan Dasar Mahasiswa) untuk tahun Akademik 2016/2017. Pelaksanaan MABIDAMA STPP Medan dilaksanakan di lokasi kampus STPP Medan itu sendiri dan rangkaian kegiatan tersebut diikuti oleh 164 orang peserta yang terdiri dari 83 orang mahasiswa baru Jurusan Penyuluhan Perkebunan, 79 orang mahasiswa baru Jurusan Penyuluhan Pertanian, 1 orang dari mahasiswa semester 2 dan 1 orang mahasiswa semester 4 yang belum mengikuti kegiatan mabidama pada tahun sebelumnya. Dalam menunjang pelaksanaan program kegiatan MABIDAMA, STPP Medan bekerjasama dengan Kodam I Bukit Barisan Medan.

Kegiatan ini merupakan salah satu syarat untuk mengikuti perkuliahan yang nantinya akan disinkronkan dengan kurikulum yang ada di STPP Medan, maka dari itu mahasiswa baru yang mampu mengikuti kegiatan  MABIDAMA sampai selesai sesuai dengan jadwal kegiatan yang telah ditetapkan akan dinyatakan lulus MABIDAMA, dan bagi mahasiswa baru yang tidak sanggup mengikuti kegiatan MABIDAMA dinyatakan tidak lulus. Bagi yang tidak lulus MABIDAMA wajib mengikuti kegiatan MABIDAMA pada tahun ajaran berikutnya. Sebanyak 162 orang peserta yang dinyatakan lulus kegiatan MABIDAMA dan 2 orang dinyatakan tidak lulus dikarenakan alasan sakit.

Kegiatan MABIDAMA STPP Medan telah dilaksanakan dari tanggal 05 – 17 September 2016 dengan tema “Menjadikan Generasi Muda Pertanian yang Berbudi Luhur, Berkarakter, Disiplin, Kreatif dan Berjiwa Enterpeneur”. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan almamater pada mahasiswa baru dan juga sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, kreatif, dan mempererat tali persaudaraan sesuai dengan tema MABIDAMA STPP Medan. MABIDAMA juga dipakai sebagai sarana perkenalan mahasiswa terhadap lingkungan baru di kampus tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama mahasiswa baru, kakak kelas, dosen, hingga staff lainnya di STPP Medan. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan STPP Medan.

Sebagai pemberi materi pada kegiatan MABIDAMA STPP Medan ini adalah Ketua STPP Medan, Waket I Bidang Pendidikan dan Pengajaran STPP Medan, Waket II Bidang Administrasi Umum STPP Medan, Waket III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni STPP Medan, Ketua Jurusan Penyuluhan Pertanian STPP Medan, Ketua Jurusan Penyuluhan Perkebunan STPP Medan, Kodam I Bukit Barisan, Badan Narkotika Nasional (BNN), Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Utara, Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Utara, Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBP2TP), dan Badan Koordinasi Penyuluhan (Bakorluh). Selama MABIDAMA berlangsung, peserta mabidama didampingi oleh mahasiswa senior yang bertugas sebagai panitia MABIDAMA.

 

Add comment


Security code
Refresh