24 Agustus 2017
Sistem Penjaminan Mutu di STPP Medan
Home Unit Penunjang Unit Jaminan Mutu
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • default color
  • green color
  • blue color

Sistem Penjaminan Mutu di STPP Medan


Latar Belakang

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 12 Tahun 2012 mengamanatkan bahwa Pendidikan Tinggi yang bermutu merupakan Pendidikan Tinggi yang menghasilkan lulusan yang mampu secara aktif mengembangkan potensinya dan menghasilkan Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi yang berguna bagi Masyarakat, bangsa, dan negara. Pemerintah menyelenggarakan sistem penjaminan mutu Pendidikan Tinggi untuk mendapatkan Pendidikan bermutu. Lebih lajut dijabarkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang mewajibkan struktur pengawasan horiziontal di setiap satuan pendidikan dengan menerapkan system penjaminan mutu pendidikan. Sistem penjaminan mutu pendidikan tersebut bertujuan agar satuan pendidikan dapat memenuhi atau melampaui Standar nasional Pendidikan (SNP). Sistem Penjaminan mutu mencakup proses perencanaan, penerapan, pengendalian, dan pengembangan standar mutu perguruan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan sehingga pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal memperoleh kepuasan. Gayut dengan hal tersebut, maka STPP Medan berkomitmen untuk menerapkan system penjaminan mutu yang berkelanjutan pada tahun 2013.

Keberadaan sistem penjaminan mutu di STPP Medan merupakan wujud dari komitmen STPP Medan untuk meningkatkan mutu secara berkelanjutan, terarah dan akuntabel. Untuk itu berbagai aktivitas penyelenggaraan akademik dan non akademik harus secara konsisten memenuhi sasaran mutu yang telah ditetapkan. Seluruh system manajemen yang mengarahkan dan mengendalikan STPP Medan dalam penetapan kebijakan, rencana.

Manajemen mutu yang baik memberikan kemampuan STPP Medan untuk melakukan control, menciptakan stabilitas, perediktabilitas, dan kapabilitasnya sebagai sekolah tinggi kedinasan di bawah Kementerian Pertanian. Dengan adanya sistem penjaminan mutu yang baik, institusi akan terbantu dalam mempertahankan, dan meningkatkan kualitas produk dan kualitas layananya. Sistem penjaminan mutu akan sangat membantu institusi untuk dapat bertindak lebih baik dibandingkan sebelumnya. Implementasi dan proses atau prosedur penjaminan mutu dan pencapainya secara berkelanjutan disebut dengan system manajemen mutu. Melalui proses monitoring, assessment, dan evaluation terhadap langkah-langah peningkatan mutu serta pencapaiannya, maka STPP Medan akan mengetahui posisinya saat ini terhadap visi yang akan dicapainya. Dalam penjaminan mutu STPP Medan harus menetapkan, mendokumentasikan, mengimplementasikan, memelihara dan meningkatkan secara berkelanjutan system manajemen mutunya sesuai dengan persyaratan, pedoman, dan standar yang telah ditentukan.

Sesuai dengan pedoman Sistem Penjaminan Mutu- Perguruan Tinggi (SPM-PT) yang berbasis institusi yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI), SPM-PT mencakup tiga sub system yaitu pangkalan basis data perguruan tinggi (PDPT) nasional, Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). PDPT mencakup kegiatan sistemik dalam pengumpulan, pengolahan, dan penyimpanan data serta informasi tentang penyelenggaraan pendidikan tinggi. SPMI merupakan kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh perguruan tinggi (internally driven) untuk mengawasi penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berkelanjutan. SPME merupakan kegiatan sistemik penilaian kelayakan program studi dan/atau perguruan tinggi oleh BAN-PT atau lembaga akreditasi internasional.

Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Internal

Kebijakan pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Medan (STPP Medan) dituangkan dalam Surat Keputusan Ketua STPP Medan tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal STPP Medan 2013-2018. Koordinasi, perencanaan, implementasi, monitoring dan evaluasi proses penjaminan mutu internal dilaksanakan oleh Unit Jaminan Mutu (UPM).

Secara garis besar kebijakan SPMI STPP Medan bertujuan untuk:

1. Menjamin bahwa proses pembelajaran dan layanan pendidikan kepada mahasiswa di lingkungan STPP Medan dilkukan sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan. Apabila diketahui bahwa standar tersebut tidak sesuai atau terjadi ketidaksesuaian antara capaian dengan standar, maka standar tersebut akan segera direvisi.

2. Mewujudkan transparansi dan akuntabilitas kepada masyarakat, khususnya stakeholder tentang penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

3. Mendorong keterlibatan semua pihak di lingkup STPP Medan untuk mencapai tujuan dengan berpatokan pada standard secara berkelanjutan.

SPMI STPP Medan dirancang, dilaksanakan, dan ditingkatkan mutunya secara berkelanjutan denganberdasarkan model PDCA yang menghasilka pengembangan yang berkelanjutan (continous improvement) atau kaizen mutu perguruan tinggi.