23 September 2018
Rapat Koordinasi Optimalisasi Pemanfaatan Bantuan Alsintan
Home Link Arsip Berita Headline News Rapat Koordinasi Optimalisasi Pemanfaatan Bantuan Alsintan
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • default color
  • green color
  • blue color

Rapat Koordinasi Optimalisasi Pemanfaatan Bantuan Alsintan

Dalam rangka Optimalisasi Pemanfaatan Bantuan Alsintan berdasarkan Surat keputusan Menteri Pertanian tentang Tim Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Bantuan Alat Mesin Pertanian Dalam Rangka Peningkatan Produksi dan Produktivitas Petani, STPP Medan selaku Penanggung Jawab Wilayah Kerja Sumatera Utara mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) pada Rabu, 18 April 2018 yang diselenggarakan di Hotel Grand Antares Medan.

Rapat Koordinasi Optimalisasi Pemanfaatan Bantuan Alsintan ini dihadiri Kepala BPTP Sumatera Utara, jajaran Asisten Teritorial I Bukit Barisan, Korem 022 dan Korem 023, Kepala Dinas tanaman pangan dan hortikultura Prov. sumatera utara dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara, Kepala BPP Jambi serta seluruh Penanggung jawab Optimalisasi Pemanfaatan Bantuan Alsintan di setiap Kab/Kota Sumatera Utara.

Rapat dipimpin langsung oleh kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dr. Ir. Momon Rusmono, MS yang didampingi oleh Ketua STPP Medan, Dr. Ir. Chandra Indrawanto, M.Sc. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian mengingatkan untuk terus meningkatkan pemanfaatan bantuan alsintan dengan segera menyusun UPJA di setiap Kab/Kota dan jika memang tidak dibutuhkan segera dilakukan Realokasi.

“Jika penggunaan alsintan memang tidak sesuai dengan spesifik lokasi maka jangan takut untuk melakukan realokasi, sehingga bantuan alsintan yang diberikan betul-betul dapat dirasakan manfaatnya oleh petani.”, pesan Kepala Badan.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian mencoba untuk mewujudkan cita-cita sebagai lumbung pangan dunia pada tahun 2045 dengan terus melakukan terobosan-terobosan baru serta juga mengoptimalkan pelaksanaan program yang sedang berlangsung, salah satunya yaitu pengoptimalan pemanfaatan bantuan alsintan yang dimana bantuan alsintan telah dilakukan sejak tahun 2014 sampai dengan saat ini.

Sebagai penanggung jawab Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan wilayah koordinasi Sumatera Utara, STPP Medan merasa perlu mengadakan Rapat Koordinasi dengan koordinator dan penanggung jawab pemanfaatan alsintan Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara. Rapat ini diharapkan dapat menjembatani “komunikasi” antara Kementerian Pertanian yang diwakilkan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian dengan jajaran dinas pertanian se-Sumatera Utara.

“Perlunya penyusunan UPJA guna menyokong tercapainya Luas Tambah Tanam serta mengadakan Bimtek penggunaan alat mesin pertanian untuk petani diharapkan dapat segera dilaksanakan” tukas Kepala Badan PPSDM Pertanian menutup rapat.

 

Add comment


Security code
Refresh