22 April 2018
Sosialisasi E-Kinerja
Home Link Arsip Berita Headline News Sosialisasi E-Kinerja
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • default color
  • green color
  • blue color

Sosialisasi E-Kinerja

SOSIALISASI PENILAIAN PRESTASI KERJA DAN E-KINERJA  PNS

DI STPP MEDAN

 

MEDAN. Jumat (12/01/2018)

E-Kinerja merupakan sistem kepegawaian terpadu yang dapat menentukan pengawasan sampai aktifitas Pegawai Negeri Sipil (PNS). Penilaian E-Kinerja kedepannya juga akan menentukan Tunjangan Kinerja setiap pegawai. Perhitungannya diukur dari tingkat prestasi  kerja tiap pegawai dalam melaksanakan tugasnya. Setiap pegawai wajib meng-input SKP dan Log pekerjaan apa yang dilakukannya setiap hari pada aplikasi yang tersedia. SKP adalah kontrak pegawai dimana didalamnya termasuk sasaran kerja pegawai.

Drs. Moh. Ali Nurdin , MM, Kabag Umum Badan Peyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian dan timnya Sri Hartati, SH, MM Kasubbag Kepegawaian Badan Peyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanianmemberikan sosialisasi pembahasan tentang penilaian prestasi kerja dan E-KinerjaPNS serta penjelasan tentang pemberian dan pemotongan tunjangan kinerja  kepada seluruh pegawai negeri sipil STPP Medan. Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat, dosen dan pegawai STPP Medanpada hari Jumat tanggal 12 Januari 2018 pukul 14.30 sampai dengan pukul 16.30 WIB  bertempat di aula STPP Medan.

“ Pengisisian SKP tahunan harus diisi setiap pegawai untuk disetujui atasan langsungnya dan  dimasukkan ke dalam aplikasi yang telah dibuat.Tujuannya agar target dan realisasi kegiatan masing-masing pegawai dapat terlihat dan ditampung di Biro OK. Pegawai sudah harus meng-input SKP dari tanggal 1-10 Februari 2018. Pegawai jangan menganggap remeh terhadap penilaian kinerja pegawai. Apabila capaian kinerja pegawai  berdasarkan SKP Pegawai dibawah 25%, maka pegawai tersebut akan diberhentikan. Lihat kembali log pekerjaan agar disesuaikan  dengan pekerjaan yang tertera di SKP masing-masing pegawai. Diharapkan komitmen pegawai harus kuat dalam melaksanakan tugas dengan baik sesuai jabatannya masing-masing” kata Ali Nurdin.

Sri Hartatijuga menjelaskan petunjuk penghitungan tunjangan kinerja dan pemberian cuti bagi pegawai negeri sipil berdasarkanperaturan kepegawaian negara Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2017 tantang tata cara pemberian cuti pegawai negeri sipil.Ada beberapa hal yang menarik bagi PNS tentang pemberian tunjangan kinerja selama pegawai malaksanakan cuti yaitu Cuti bersama tidak memotong cuti tahunan pegawai dan pegawai tersebut berhak mendapatkan tunjangan kinerja 100%, pegawai yang mengikuti pelatihan-pelatihan tetap mendapatkan tunjangan kinerja 100%, pegawai wanita yang melaksanakan cuti melahirkan (cuti melahirkan terhitung sampai anak ketiga )tetap meserima tunjangan kinerja 100%, pegawai yang mengalami gugur kandungan diberikan cuti paling lama 1,5 bulan dan tetap mendapatkan tunjangan kinerja 100%, pegawai yang selama sakit menjalani rawat inap paling lama tiga bulan tetap medapat tunjangan kinerja. Sri Hartati juga menjelaskan selain mendapat tunjangan 100% apabila memenuhi peraturan cuti yang berlaku, pegawai negeri sipil juga akan dikenakan pemotongan tunjangan kinerja apabila melanggar peraturan yang berlaku.

Selaras dengan itu, Ir Endra Prasetyanta, MP, Kepala Bagian Administrasi dan Umum STPP Medan  mewakili Ketua STPP Medan mengingatkan agar seluruh pegawai dan dosen untuk tetap mengisi log pekerjaan di tahun 2017 yang masih banyak kosong sesuai SKP pegawai masing-masing agar segera di follow up terkait dengan rencana kenaikan tunjangan kinerja mengingat semuanya akan serba menggunakan aplikasi.

Dengan adanya pembahasan tentang E-Kinerja, semua pegawai menjadi lebih terukur secara kinerja dan pegawai bisa lebih memahami bagaimana menyusun target kinerja yang sesuai, sehingga nantinya dalam menentukan target kinerja  dari setiap masing-masing bidang dapat mencapai target yang diharapkan dan juga pegawai mendapatkan rasa keadilan dalam menerima tunjangan kinerja.

 

Add comment


Security code
Refresh