17 Desember 2017
Ubah Sistem Pasar Logistik, 7 Kapal Khusus Ternak Bakal Meluncur
Home
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • default color
  • green color
  • blue color

Ubah Sistem Pasar Logistik, 7 Kapal Khusus Ternak Bakal Meluncur

JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) dikabarkan bakal segera kembali meluncurkan tujuh kapal khusus ternak yang saat ini masih dalam pembahasan kontrak di Batam dan bakal segera beroperasi. Pernyataan ini disampaikan Rusman Heriawan yang merupakan Mantan Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).


Dia menambahkan jika tujuh kapal tersebut benar terealisasi dalam waktu dekat, maka dampaknya akan signifikan untuk mengubah sistem pasar serta logistik dari angkutan ternak dan mempersempit ruang dari peternak dan konsumen. Lanjut dia, setidaknya kebutuhan daging sapi murah di Jakarta akan terpenuhi ketika semuanya beroperasi.

"Memang tidak langsung, tapi kedepannya akan ada tol laut. Jadi pasti kebutuhan daging sapi dengan kapal ternak tersebut bisa terpenuhi. Tidak sekedar berapa daging yang dijual tapi ini satu mekanisme yang buktikan ke konsumen bahwa harga daging bisa dijual 85 ribu per kg," jelasnya di sela-sela operasi pasar yang dilakukan Kementan di Jakarta, Minggu (21/2/2016).


Dijelaskan bahwa sebenarnya ide kapal ternak sudah diusung sejak era SBY saat Rusman masih menjadi Wakil Menteri Pertanian kala itu. Namun sayang ternyata baru bisa terealisasi sekarang. "Tahun 2012 saya sampaikan ke SBY, Indonesia tidak punya kapal ternak khusus. Namun kala itu tidak teralisasi. Kita  kalah jauh dari Australia," tandasnya. (
Disfiyant Glienmourinsie)